Selamat datang di Blog Dunia Pendidikan dan Kelas Ekonomi (Jangan Lupa Ikuti Yaa)..







Jumat, 24 Juli 2020

Pendapatan Nasional Rumus Menghitung PDB, PNB dan Lain-lain

Secara harfiah, pendapatan nasional adalah pemasukan atau pendapatan total penduduk sebuah negara dalam periode tertentu. Di artikel sebelumnya, kita sudah membahas definisi pendapatan nasional berdasarkan ahli-ahli ekonomi. Tapi di dalam pendapatan nasional sendiri terdapat konsep-konsep seperti Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Nasional Bruto (PNB), dan sejenisnya.

Apa sih bedanya? Dan bagaimana cara menghitungnya? Di artikel kali ini, kita akan membahas konsep-konsep di dalam pendapatan nasional beserta rumus-rumusnya.

Produk Domestik Bruto (PDB)

Bicara tentang pendapatan nasional, tentu tidak lengkap tanpa menyebut Produk Domestik Bruto atau Gross Domestik Product. Secara definisi, GDP adalah total jumlah nilai atau harga barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh suatu perekonomian atau perusahaan dalam periode tertentu yang dihitung berdasarkan nilai pasar.

Untuk menghitung salah satu konsep terpenting dalam pendapatan nasional ini kita bisa menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan pengeluaran dan pendekatan pendapatan.

Untuk pendekatan pengeluaran, rumusnya adalah:

GDP = C + I + G + (X-M)

C = konsumsi perusahaan

I = konsumsi investor

G = Konsumsi oleh pemerintah

X = Nilai ekspor

M = Nilai impor

Sedangkan untuk pendekatan pendapatan, rumusnya adalah:

GDP = w + r + i + p

w = wage/upah/gaji

r = rent/nilai sewa

i = interest/bunga modal

p = profit/keuntungan

Produk Nasional Bruto (PNB)

Produk Nasional Bruto atau Gross National Product merujuk kepada total jumlah nilai produk yang dihasilkan oleh penduduk suatu negara maupun penduduk yang sedang berada di luar negeri selama satu tahun.

Untuk menghitung PNB kita dapat menggunakan rumus:

PNB = PDB + produk WNI di dalam negeri – produk WNA di dalam negeri

 

Produk Nasional Netto (PNN)

Produk Nasional Netto atau Net National Product  adalah jumlah barang dan jasa yang dihasilkan oleh masyarakat dalam periode tertentu setelah dikurangi dengan penyusutan dan pengganti barang modal.

Untuk menghitung PNN, rumusnya adalah:

PNN = GNP – penyusutan – barang pengganti modal

Pendapatan Nasional Netto

Pendapatan Nasional Netto atau Net National Income (NNI) merupakan pendapatan yang dihitung menurut jumlah balas jasa yang diterima oleh masyarakat sebagai pemilik faktor produksi.

Untuk menghitung NNI, rumusnya adalah:

NNI = PNN – pajak tidak langsung + subsidi

Pendapatan Perseorangan (PP)

Pendapatan Perseorangan atau Personal Income adalah total pendapatan yang diterima oleh setiap orang dalam masyarakat, termasuk dengan penghasilan yang diperoleh perseorangan tanpa melakukan pekerjaan apa pun.

(Baca juga: Mengenal 10 Prinsip Dasar Akuntansi)

Rumus untuk menghitung PP adalah:

PP = NNI + pembayaran transfer – (segala jenis iuran, laba, dan pajak perseorangan)

Pendapatan yang Siap Dibelanjakan (PD)

Pendapatan yang siap dibelanjakan atau Disposable Income adalah pendapatan yang pada hakikatnya siap untuk dimanfaatkan guna membeli barang dan jasa konsumsi. Selebihnya, pendapatan dapat dijadikan tabungan investasi.

Rumus untuk menghitung PD adalah:

PD = PP – pajak langsung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut