Cara Membuat RPP 1 Lembar
Cara Membuat RPP 1 Lembar atau 1 Halaman. Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengeluarkan kebijakan pendidikan “Merdeka Belajar”. Kebijakan tersebut memuat 4 poin penting : (1) USBN diganti ujian (asesmen), (2) 2021 UN diganti, (3) RPP dipersingkat, dan (4) Zonasi PPDB lebih fleksibel. Pada kebijakan pendidikan sebelumnya, guru diarahkan mengikuti format RPP yang kaku.
Kebijakan "Merdeka Belajar" memungkinkan guru secara bebas merancang, menggunakan dan mengembangkan format RPP sesuai dengan kebutuhan di kelas. Penyederhanaan RPP ini dapat meringankan beban administrasi guru. RPP yang sebelumnya terdiri dari belasan komponen, kini disederhanakan menjadi tiga komponen inti yang dapat dibuat hanya dalam satu halaman.
Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.
RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Cara membuat (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) RPP 1 Halaman yaitu
Cara Membuat RPP 1 Lembar
1. Menyiapkan Bahan Pembelajaran
- Buku Guru Tematik
- Buku Siswa Tematik
- KKO (Kata Kerja Operasional)
2. Membuat Kerangka RPP
RPP dibuat dengan mengacu pada Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yaitu
- Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.
- Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan (Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pcmbelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.
- Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, (Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KKG/MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-sebesarnya keberhasilan belajar murid.
- Adapun RPP yang rclah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka l, 2, dan 3.
Sehingga kerangka RPP harus memuat tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Komponen lainnya bersifat pelengkap seperti berikut,
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan | : ......................................... |
Kelas/Semester | : ......................................... |
SK | : ......................................... |
KD | : ......................................... |
Pembelajaran | : ......................................... |
Alokasi Waktu | : ......................................... |
Tujuan Pembelajaran :
.................................................................
Langkah-Langkah Pembelajaran :
.................................................................
Penilaian Pembelajaran :
.................................................................
3. Mengisi Kerangka RPP
Kerangka RPP diisi sesuai dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan | : |
Kelas/Semester | : |
SK | : |
KD | : |
Pembelajaran | : |
Alokasi Waktu | : |
Tujuan Pembelajaran :
- Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasikan ciri-ciri puisi dengan benar.
- Melalui kegiatan membuat kesimpulan, siswa dapat menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi secara terperinci.
- Melalui kegiatan melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.
- Melalui kegiatan menyusun gambar tahapan siklus hidup hewan dan tumbuhan, siswa mampu membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Pendahuluan
- Siswa bersama guru mengucapkan salam
- Siswa bersama guru berdoa bersama sebelum memulai pembelajaran
- Guru memberikan siswa apersepsi berkaitan dengan gambar pada halaman 1
- dengan memberikan pertanyaan
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan cakupan materi
Kegiatan Inti
- Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan yang dilakukan oleh berbagai profesi
- Siswa lalu mencoba mengidentifikasi keahlian-keahlian yang dibutuhkan oleh profesi
- Siswa menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas
- Siswa membaca.......................................................................
- Siswa bersama kelompoknya mendiskusikan ..........................
- Siswa menyajikan hasil diskusi dalam bentuk sebuah kesimpulan tentang ciri-ciri puisi ..........................
- Siswa membaca teks tentang ..........................
- Guru mengaitkan teks ..........................) dengan memberi pertanyaan
- Siswa bersama kelompoknya mengamati ..........................
- Siswa menyusun bersama kelompoknya..........................
- Siswa menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas
Kegiatan Penutup
- Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
- Guru memberikan penguatan dan perbaikan pada pendapat siswa yang masih keliru
- Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti (refleksi)
- Guru memberikan evaluasi
- Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Cara Membuat RPP 1 Lembar
Cara Membuat RPP 1 Lembar atau 1 Halaman. Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengeluarkan kebijakan pendidikan “Merdeka Belajar”. Kebijakan tersebut memuat 4 poin penting : (1) USBN diganti ujian (asesmen), (2) 2021 UN diganti, (3) RPP dipersingkat, dan (4) Zonasi PPDB lebih fleksibel. Pada kebijakan pendidikan sebelumnya, guru diarahkan mengikuti format RPP yang kaku.
Kebijakan "Merdeka Belajar" memungkinkan guru secara bebas merancang, menggunakan dan mengembangkan format RPP sesuai dengan kebutuhan di kelas. Penyederhanaan RPP ini dapat meringankan beban administrasi guru. RPP yang sebelumnya terdiri dari belasan komponen, kini disederhanakan menjadi tiga komponen inti yang dapat dibuat hanya dalam satu halaman.
RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Cara membuat (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) RPP 1 Halaman yaitu
Cara Membuat RPP 1 Lembar
1. Menyiapkan Bahan Pembelajaran
- Buku Guru Tematik
- Buku Siswa Tematik
- KKO (Kata Kerja Operasional)
2. Membuat Kerangka RPP
RPP dibuat dengan mengacu pada Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yaitu
- Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.
- Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan (Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pcmbelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.
- Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, (Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KKG/MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-sebesarnya keberhasilan belajar murid.
- Adapun RPP yang rclah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka l, 2, dan 3.
Sehingga kerangka RPP harus memuat tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Komponen lainnya bersifat pelengkap seperti berikut,
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan | : ......................................... |
Kelas/Semester | : ......................................... |
Tema | : ......................................... |
Sub Tema | : ......................................... |
Pembelajaran | : ......................................... |
Alokasi Waktu | : ......................................... |
Tujuan Pembelajaran :
.................................................................
Langkah-Langkah Pembelajaran :
.................................................................
Penilaian Pembelajaran :
.................................................................
3. Mengisi Kerangka RPP
Kerangka RPP diisi sesuai dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan | : |
Kelas/Semester | : |
Tema | : |
Sub Tema | : |
Pembelajaran | : |
Alokasi Waktu | : |
Tujuan Pembelajaran :
- Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasikan ciri-ciri puisi dengan benar.
- Melalui kegiatan membuat kesimpulan, siswa dapat menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi secara terperinci.
- Melalui kegiatan melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.
- Melalui kegiatan menyusun gambar tahapan siklus hidup hewan dan tumbuhan, siswa mampu membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Pendahuluan
- Siswa bersama guru mengucapkan salam
- Siswa bersama guru berdoa bersama sebelum memulai pembelajaran
- Guru memberikan siswa apersepsi berkaitan dengan gambar pada halaman 1
- dengan memberikan pertanyaan (Apakah anak-anak memiliki cita-cita?)
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan cakupan materi
Kegiatan Inti
- Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan yang dilakukan oleh berbagai profesi
- Siswa lalu mencoba mengidentifikasi keahlian-keahlian yang dibutuhkan oleh profesi
- Siswa menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas
- Siswa membaca.......................................................................
- Siswa bersama kelompoknya mendiskusikan ..........................
- Siswa menyajikan hasil diskusi dalam bentuk sebuah kesimpulan tentang ciri-ciri puisi ..........................
- Siswa membaca teks tentang ..........................
- Guru mengaitkan teks ..........................) dengan memberi pertanyaan
- Siswa bersama kelompoknya mengamati ..........................
- Siswa menyusun bersama kelompoknya..........................
- Siswa menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas
Kegiatan Penutup
- Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
- Guru memberikan penguatan dan perbaikan pada pendapat siswa yang masih keliru
- Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti (refleksi)
- Guru memberikan evaluasi
- Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
Penilaian Pembelajaran :
- Penilaian sikap (afektif) menggunakan teknik observasi.
- Penilaian pengetahuan (kognitif) menggunakan penugasan dan tes.
- Penilaian keterampilan (psikomotor) menggunakan penilaian kinerja.
Mengetahui .......,...........
Kepala Sekolah Guru
*Instrumen dan Pedoman Penskoran dapat diletakkan pada lampiran
PENJELASAN :
1. Satuan Pendidikan, Kelas/Semester, Tema, Sub Tema, dan Pembelajaran dibuat sesuai dengan rencana pembelajaran. Alokasi waktu disesuaikan dengan jadwal kegiatan dan jumlah kegiatan pembelajaran (harus dikali 35 menit berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah)
2. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran tidak perlu dibuat sendiri, melainkan bisa dikutip dari buku guru. Tujuan pembelajaran pada buku guru sudah lengkap, memuat Audiens, Behavior, Condition, dan Degree.
Contoh :
1. Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasikan ciri-ciri puisi dengan benar.
Penjabaran:
Audiens | Siswa |
Behavior | Mampu mengidentifikasikan ciri-ciri puisi |
Condition | Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi |
Degree | Dengan benar |
Audiens | yang diharapkan belajar |
Behavior | kemampuan yang diharapkan |
Condition | dalam keadaan tertentu yang mampu membuat siswa memiliki kemampuan |
Degree | tingkat kemampuan yang diharapkan |
Langkah pembelajaran dibuat berdasarkan langkah-langkah pembelajaran yang ada di buku guru. Guru harus mampu memangkas atau mengembangkan langkah-langkah pembelajaran tersebut sehingga singkat dan jelas tanpa menghilangkan makna pembelajaran. Buku siswa diperlukan untuk memudahkan guru untuk memangkas atau mengembangkan langkah pembelajaran.
Demikian Semoga bermanfaat
Jangan lupa Follow yaaaa
Jangan lupa Follow yaaaa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar